be curious with...

 



Pram Lonely Dude wrote:


1 Desember 2006,

Hari ini diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Sampai dengan saat ini di Indonesia telah terlaporkan hampir 12ribu orang positif HIV dal lebih dari 60% telah mencapai fase AIDS. Menurut Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dan UNAIDS di Indonesia, kemungkinan yang telah terinfeksi HIV di Indonesia adalah sekitar 196.000 hingga 216.000 orang.

Apakah kita semua peduli dengan semua ini?
Diantara kita mungkin masih sangat sedikit yang tahu dan peduli dengan isu ini. Wajar saja karena menurut data yang terlaporkan tadi ternyata kurang dari 5% yang terinfeksi karena hubungan seks sesama laki-laki. Suatu jumlah yang sangat kecil dibandingkan pengguna narkoba suntik tidak steril yang mencapai 46% dan hubungan seks hetero 38%.

Dari sisi seorang pengamat perilaku dan setelah melakukan research di beberapa propinsi terbesar di Indonesia, saya melihat bahwa angka 5% ini masih semu. Mengapa? karena perilaku lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki di Indonesia ternyata tidak berbeda jauh dengan mereka di Canada (angka penularan pada pelaku seks sesama lelaki mencapai 65%) Amerika, Eropa Barat dan Australia juga sama diatas 60%. yang mengejutkan adalah angka prevalensi di kelompok gay, waria dan pekerja seks lelaki di Bangkok yang meroket dari 17% pada tahun lalu menjadi 28% pada pertengahan 2006. sementara itu temuan kasus HIV di kalangan pekerja seks lelaki di Jakarta meningkat dari 3% menjadi hampir 5 %. Mereka biasanya mencari tamu di panti pijat atau ditaman umum, mal dan pusat keramaian (banyak diantara kita yang suka ke panti pijat bukan?)

Bagaimana dengan perilaku lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki di Indonesia. Mari kita bercermin. Berapa banyak diantara gay, biseks dan waria di Indonesia yang tahu tentang HIV dan AIDS, berapa banyak yang aktif berhubungan seks (bisa berpasangan ataupun secara berkelompok atau orgy) Berapa banyak yang secara konsisten memakai kondom dan pelicin berbahan dasar air pada saat melakukan anal seks? Berapa banyak yang selalu menghindari meminum sperma pasangan berhubungan seksnya?

Lalu kita juga harus bercermin mengenai perilaku men, mobile with money. Banyak diantara teman-teman yang berkesempatan keliling Indonesia atau pun dunia karena berbagai alasan, apakah hanya pelesir maupun bekerja? Tapi banyak diantara mereka yang menemukan pasangan untuk berhubungan seks. Berapa banyak diantara kita yang datang ke negara tetangga untuk pelesir seks? Kalau mereka tidak berusaha mengamankan dirinya dengan seks yang aman, maka berapa banyak dari teman-teman kita yang membawa oleh-oleh HIV ke Indonesia?

Meningkatnya angka kasus HIV di kelompok gay, waria, pekerja seks lelaki dan biseksual, semakin tercermin dari semakin banyak dari teman-teman yang sudah mulai mengakses Anti Retroviral Treatment di kota-kota besar di Indonesia. Ini tandanya banyak diantara teman-teman yang telah mengalami penurunan angka kekebalan tubuh hingga level yang kritis dan harus dibantu obat ARV untuk meningkatkan angka kekebalan tubuhnya, mengingat belum ada obat yang membunuh virus HIV itu sendiri.

Tulisan ini hanya untuk mengingatkan kita kembali tentang epidemi HIV diantara kita. Seks adalah hal yang menyenangkan, lakukan seks dan tetap aman.

STOP AIDS KEEP THE PROMISE

SALAM

0 comments:

) ) ;;) ( :X =(( :-/ :-* :| 8-} ] ~x( b-( x( =))

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin
10% Off All Fragrances
Get 10% off every item you purchase at FragranceX.com!