be curious with...

 

Latar Belakang
Tanggal 17 Mei merupakan Hari internasional Menentang Homophobia. Tanggal ini disesuaikan dengan tanggal dimana WHO secara sah menyatakan homoseksual bukanlah suatu penyakit kejiwaan pada tahun 1990 silam.
Homoseksual tidak dapat dikatakan sebagai pilihan. karena jikalau memang sebuah opsi, tentunya orang tidak akan memilih hidup sebagai homoseksual dan menjalani kehidupan yang sedemikian sulit untuk mencari cinta.
Informasi lebih lanjut mengenai International Day Against Homophobia dapat dilihat di www.homophobiaday.org
Misi
Kali ini, saya bukannya ingin membentuk aksi melawan para homophobia, baik yang menjadi homophobia karena ketakutannya sendiri, atas dasar pendidikan formal, atas dasar pendidikan tradisional, ataupun pendidikan agama.
Tujuan
Saya hanya ingin mencari dukungan dari teman-teman untuk memberikan gambaran lebih baik tentang homoseksual di lingkungan masyarakat sehari-hari. Dengan harapan semoga, dapat menjadi pengertian bagi masyarakat yang selama ini mengalami homophobia. Bahwa sebenarnya homoseksual hanyalah masalah orientasi seksual, bukan sebuah kepercayaan, bukan sebuah prinsip atau bahkan pandangan hidup yang penting untuk dibantahkan. 
Seseorang menjadi baik dan jahat, melulu karena pribadi orang tersebut. dan bukan karena orientasi seksualnya. Kalaupun ada kasus atau hal negatif yang muncul dari kalangan homoseksual di lingkungan sekitarnya, lebih sering itu terjadi karena reaksi pribadi homoseksual yang mengalami tekanan luar biasa dari lingkungannya. dan saya percaya, bahkan heteropun bisa melakukan kesalahan yang sama.
Bentuk Kegiatan
Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini, dapat menceritakan pengalamannya yang menggambarkan bahwa seorang homoseksual dapat diterima dengan baik di lingkungannya. Saya akan bagi dalam dua kategori:
  1. bagi kelompok homoseksual (gay / lesbi) - menceritakan pengalaman sehari-hari mengenai kehidupan pribadi sebagai gay di lingkungannya (keluarga / sekolah / kerja / masyarakat)
  2. bagi kelompok heteroseksual - menceritakan pengalamannya berteman / bersahabat / memiliki anggota keluarga sebagai homoseksual.
ketentuan penulisan:
  1. Nama / tempat kejadian dapat disamarkan (kalau bisa, lebih asik kalo tidak disamarkan). 
  2. Panjang tulisan bebas. Satu tema / pokok masalah untuk satu judul.
  3. Boleh mengirimkan sebanyak-banyaknya.
  4. Boleh dilampirkan foto / ilustrasi yang tidak eksplisit.
Kirimkan ke queercurious@gmail.com paling lambat 16 Mei 2009. Hasilnya akan dipublikasikan di blog ini.

Dukung kegiatan ini dengan menyertakan trackback ke halaman ini di blog kamu



Teirmakasih

3 comments:

G-FILES said...

what an interesting event. sure i will joint. by the way, nice to know that i'm not the only one who speak in bahalf of all gays out there...

G-FILES said...

aku dah jadi follower blogmu. sekarang giliran kamu gabung jadi follower blog aku, ok?

Reno Rasiwara said...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Homophobia dan Kita', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2715/1/Homophobia20dan20Kita014.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

) ) ;;) ( :X =(( :-/ :-* :| 8-} ] ~x( b-( x( =))

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin
10% Off All Fragrances
Get 10% off every item you purchase at FragranceX.com!