be curious with...

 




Akses Universal dan Hak Asasi Manusia merupakan isu utama yang diangkat pada HAS tahun 2009. Akses universal tersebut mencakup berbagai aspek, baik akses informasi, pencegahan, maupun akses pengobatan. Pemaknaanya  adalah bahwa semua warga dari berbagai latar belakang ekonomi, budaya, tempat tinggal harus mendapatkan akses informasi HIV dan AIDS yang sama, akses pencegahan yang sama, serta akses pengobatan yang sama.
Penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2009 ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan penularan HIV dan penanggulangan  AIDS yang dapat terjadi pada seluruh lapisan masyarakat. Disamping itu khusus untuk mereka yang membutuhkan, mampu memperoleh akses universal terhadap informasi, pencegahan, dukungan dan pengobatan terkait HIV dan AIDS.  Walau bagaimanapun juga, kesehatan adalah hak asasi manusia yang pertama.

Tujuan Umum
Meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan HIV dan AIDS, sehingga mampu melindungi dirinya dari infeksi HIV serta memberikan dukungan kepada orang yang terifeksi HIV.
Tujuan Khusus
  1. Meningkatkan akses universal seluruh unsur masyarakat khususnya mereka yang memerlukan sehingga mampu memperoleh akses terhadap informasi, pencegahan, dukungan dan pengobatan.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dan pemerintah bahwa kesehatan adalah hak asasi manusia yang pertama.
  3. Meningkatkan komitmen dan kepedulian pemerintah dan pemerintah daerah terhadap upaya pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan HIV dan AIDS dalam konteks menekan laju epidemi HIV.
  4. Meningkatkan kepedulian berbagai sektor pemerintah, swasta, dunia usaha, lembaga pendidikan, LSM, dan masyarakat dalam penanggulangan HIV dan AIDS.
Tema
Tema peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2009 telah ditetapkan secara internasional yaitu:
”Akses Universal dan Hak Asasi Manusia (Universal acces & Human Right)”
Makna dari tema peringatan adalah bahwa setiap masyarakat khususnya mereka yang memerlukan, mampu memperoleh akses terhadap informasi, pencegahan, dukungan dan pengobatan. Kesehatan pada dasarnya merupakan Hak Asasi Manusia yang Utama (health is the first human right), dengan demikian setiap orang termasuk orang yang terinfeksi layak hidup sehat dan memperoleh fasilitas kesehatan. Dengan meningkatnya akses pelayanan dan pengobatan yang baik diharapkan akan dapat menurunkan resiko penularan dan mengurangi laju epidemi AIDS di Indonesia.
Sub-Tema
Berdasarkan tema internasional HAS 2009, maka sub-tema yang ditetapkan di Indonesia adalah:
“Kerjasama masyarakat dan pemerintah mampu mempercepat  pemenuhan akses pencegahan, perawatan, dukungan dan pengobatan untuk semua”
Dalam rangka meningkatkan akses universal maka diperlukan kerjasama yang sinergis antara masyarakat dan pemerintah. Kerjasama tersebut diharapkan mampu mengarus-utamakan upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Dengan demikian kerjasama tersebut diharapkan dapat mempercepat  pencapaian akses informasi, pencegahan, dukungan, dan pengobatan untuk mereka yang membutuhkan.
Slogan
Slogan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2009 yaitu:
“Stop AIDS: Akses untuk Semua !”
Slogan kampanye ini dimaksudkan agar setiap manusia Indonesia mempunyai rasa kepedulian yang tinggi dalam penanggulangan HIV dan AIDS. Kasus HIV dan AIDS di Indonesia saat ini tidak hanya pada kelompok berisiko saja, akan tetapi sudah berada pada populasi umum, seperti ibu rumah tangga dan anak-anak. Kini saatnya pemerintah dan masyarakat madani bersatu, membuat suatu karya nyata untuk mencegah laju epidemi HIV yang sangat cepat. Selain itu, perlu dilakukan upaya bersama untuk menyediakan akses informasi HIV dan AIDS, pencegahan, dukungan dan pengobatan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan.

0 comments:

) ) ;;) ( :X =(( :-/ :-* :| 8-} ] ~x( b-( x( =))

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin
10% Off All Fragrances
Get 10% off every item you purchase at FragranceX.com!